June 25, 2009

Prosedur Etsa Asam


Suatu tambahan yang bernilai untuk retensi dari sistem resin adalah teknik etsa atau demineralisasi email antara permukaan restorasi. Teknik tersebut sangat membantu restorasi kelas IV. Kadang-kadang restorasi kelas IV diubah dengan membuat bahu kecil atau chamfer pada email sejauh mungkin mengelilingi preparasi untuk mendapatkan email yang lebih luas bagi prosedur etsa. Ini adalah keadaan yang melibatkan fraktur insisal, dimana retensi total dari bahan restorasi mungkin diperoleh menggunakan mekanisme etsa asam. Ada saatnya prosedur ini ditambahkan pada preparasi konvensional, untuk keberhasilan suatu restorasi.

Keputusan untuk menggunakan etsa asam saja atau dalam kombinasi dengan preparasi didasarkan pada:

1. Lokasi dan ukuran pulpa. Ini dapat mengurangi kegunaan beberapa bentuk preparasi, dengan pengecualian preparasi yang terbatas pada email.

2. Terlibatnya daerah insisal atau oklusal. Etsa asam sendiri tidak akan mampu mendukung restorasi yang menjadi subyek tekanan pengunyahan.

Etsa asam pada permukaan email sangat menguntungkan untuk retensi restorasi resin pada gigi anterior yang fraktur. Demikian juga, ini sangat menguntungkan pada jenis restorasi yang lain, misalnya kelas III dan kelas IV, sekalipun retensi hasil preparasi sendiri cukup adekuat pada keadaan tersebut. Bagaimanapun juga, system bonding dari resin yang lebih rapat terhadap email pada bagian tepi mengurangi kemungkinan pewarnaan dan kebocoran mikro di bagian tepi, terlepas dari tipe resin yang digunakan.



Indikasi Etsa Asam

1. Mendukung restorasi posterior kelas I dan kelas II.

2. Kelas III, tambahan pada retensi konvensional.

3. Kelas IV, sudut insisal gigi anterior.

4. Fraktur email, terutama insisivus sentral dan lateral atas.

5. Kelas V, di oklusal atau insisal email sebagai tambahan retensi.

Etsa asam tidak akan berhasil jika bagian email tidak cukup luas atau jika restorasi mendapat beban tekanan oklusal yang berat. Jadi, banyak restorasi yang besar pada insisivus bawah gagal bila etsa asam digunakan sebagai retensi utama. Dalam preparasi resin dengan retensi yang meragukan, pin sebaiknya ditambahkan sebagai pendukung.

lebih jelasnya silahkan baca tentang Etsa Asam pada posting sebelumnya klik disini

Zulaikha D.L.

No comments:

Post a Comment

advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here!