July 25, 2009

DIRECT COMPOSITE VENEER UNTUK KOREKSI DIASTEMA ATAU FRAKTUR INSISAL PENUH

1.12 DIRECT COMPOSITE VENEER UNTUK KOREKSI DIASTEMA ATAU FRAKTUR INSISAL PENUH

  • Menggunakan hybrid composite
  • Lakukan etsa 15 detik pada enamel yang telah dipreparasi. Cuci sampai bersih, keringkan.
  • Aplikasikan bahan bonding. Keringkan dan Sinari 20 detik.
  • Bagian labial gigi dilapisi resin komposit sewarna dentin mulai dari ginggiva dan di atasnya dilapisi komposit sewarna enamel
  • Bagian proksimal mesial untuk menghilangkan diastema, penambahan komposit dimulai dari bawah puncak ginggiva. Perbandingan lebar mesio-distal dengan panjang serviko-insisal yang baik adalah 3 : 4.


1.13 PEMBUATAN PASAK DAN INTI DARI RESIN KOMPOSIT

  • menggunakan makrofiller composite (dengan merk tertentu)

Prosedur :

  • Bila telah dirawat saluran akar
  • Bahan pengisi saluran akar (gutta percha) dikeluarkan sesuai kedalaman yang dibutuhkan menggunakan reamer. Lalu dibuat retensi pada saluran akar. Setelah preparasi saluran akar selesai, dilakukan pemilihan mahkota polikarbonat dan dipaskan dengan gigi yang akan direstorasi. Bagian dalam mahkota polikarbonat tersebut diolesi dengan bahan separasi. Isolasi jaringan di sekitar gigi dengan rubber dam untuk mencegah iritasi dari bahan resin terhadap ginggiva.
  • Selanjutnya saluran akar dikeringkan, resin komposit dimasukkan ke dalam saluran akar dengan menggunakan syringe secara berlebihan. Mahkota yang telah diulasi bahan separasi tadi selanjutnya diisi dengan resin komposit yang sama lalu disatukan dengan resin komposit yang ada di akar gigi. Bagian yang berlebihan dibuang sebelum mengeras. Sedangkan mahkota polikarbonat tetap dipertahankan selama 8 menit untuk mencapai pengerasan resin komposit. Setelah resin komposit mengeras, lepas mahkota polikarbonat. Selanjutnya dilakukan preparasi inti untuk menerima restorasi akhir.
  • Bila fraktur gigi tidak menyebabkan perforasi pulpa:Inti dibentuk dan ditahan dengan menggunakan pasak dentin. Indikasi untuk lanjut usia yang pulpanya mengalami penurunan.



untuk membaca lanjutan jurnal diatas silakan klik disini


Published by dhanajournal.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here!