July 25, 2009

Aplikasi Kompomer

2.6 Aplikasi Kompomer

1. Membersihkan permukaan gigi menggunakan pumice dan air untuk meningkatkan adesi.

2. Pada kasus enamel yang tidak dapat dietsa atau karies pada akar maka tahapnya sebagai berikut :

a. mengulaskan bahan kondisioner, keringkan dengan semprotan udara sampai keadaannya lembab, jangan sampai overdrying

b. Mengulaskan primer pada dentin, sinari dengan sinar biru . (didapatkan pula dentin conditioner dan primer dalam satu kemasan)

c. Pemberian dentin bonding agent, sinari dengan sinar biru 20 detik. (didapatkan pula primer dan bonding agent dalam satu kemasan)Setelah diberi bahan bonding  kavitas akan nampak mengkilap

Pada kavitas yang dalam :

a. Dasar kavitas diberi liner / basis semen
b. Dilakukan etsa asam pada enamel (prosedur sama seperti etsa untuk resin komposit)

3. Sebelum aplikasi bahan restorasi, gunakan matriks band untuk kelas V, kelas II decidui, seluloid strip untuk kelas III agar didapatkan adaptasi yang baik serta lakukan seleksi warna.

4. Aplikasikan bahan kompomer selapis demi lapis dengan ketebalan bahan maksimal 2mm. Seperti halnya resin komppsoit, kompomer sudah dikemas dalam bentuk pasta. Karena pengerasannya dengan aktivas sinar, kompomer ini tersedia dalam bentuk pasta tunggal saja.

5. Sinari selama 40 detik tiap lapisnya.

6. finishing dan polishing
Dilakukan setelah 24 jam dari aplikasi bahan restorasi. Tahap penyelesaian dan pemolesan sama dengan tahap untuk resin komposit.

berikut adalah daftar pustaka dari jurnal kami klik disini


Published by dhanajournal.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here! ADVERTISE YOUR BUSINESS HERE! advertise your business here!